header
halaman depan profil perusahaan tol waru-juanda berita korporat tanya jawab
sejarah visi dan misi shareholders manajemen organisasi

SEJARAH

PT Citra Margatama Surabaya (CMS) berdiri pada 26 Desember 1996 sebagai hasil dari Perjanjian Usaha Patungan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) sebagai pemenang tender ruas jalan tol Surabaya Eastern Ring Road (SERR) Waru - Tanjung Perak sepanjang 36 km, dengan PT Jasa Marga (JM) sebagai otorisator jalan tol di Indonesia saat itu.

SERR terdiri atas 4 stage pembangunan yaitu Waru - Bandara Juanda, Tambakso - Kedung Baruk, Kedung Baruk - Kenjeran, Kenjeran - Perak. Konstruksi SERR mulai dilaksanakan pada tahun 1997 dengan konstruksi tiang pancang dan kolom di sekitar Bundaran Waru, Surabaya. Akibat krisis moneter, kegiatan konstruksi dihentikan pada tahun 1999.

Pada tahun 2002, dilakukan penandatanganan Berita Acara Kelayakan Investasi antara CMNP dan JM dengan persetujuan Pemerintah yang mensepakati bahwa dari 36 km ruas jalan tol SERR Waru-Tanjung Perak, yang layak dilanjutkan investasinya adalah stage Waru - Bandara Juanda sepanjang 12 km.

Pada tahun akhir tahun 2003, CMS memulai kembali konstruksi dengan membagi dalam 4 (empat) paket. Paket I - Flyover Menanggal sepanjang 1.7 km, Paket II ruas Menanggal-Berbek sepanjang 2.9 km, Paket III ruas Berbek-Tambaksumur sepanjang 3.8 km dan Paket IV ruas Tambaksumur - Juanda sepanjang 4.4 km. Pada tahun 2004, konstruksi Paket I dimulai dan diselesaikan pada Maret 2005, sedangkan Paket II,III dan IV dilaksanakan secara simultan mulai tahun 2006 dan diselesaikan di awal tahun 2008.

Pada tanggal 27 April 2008, Jalan Tol Waru-Bandara Juanda sepanjang 12 km diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan mulai dioperasikan.

LINK TERKAIT

Copyright 2011 - PT Citra Margatama Surabaya